Teknik Masking dalam Adobe Flash


Halo Sobat Flash...
Masih ingat dengan tutorial sebelumnya? Yap, di tutorial sebelumnya kita bahas mengenai teknik Tweening dalam Adobe Flash.
Kali ini kita akan belajar mengenai teknik Masking dalam Adobe Flash. Apa sih teknik Masking itu?
Pada dasarnya, teknik Masking adalah teknik yang digunakan untuk menampilkan objek yang ingin kita tampilkan dan menyembunyikan objek yang ingin kita sembunyikan dengan menggunakan "masking".
Tenik masking sendiri memiliki 2 metode dasar, yaitu:
1. Area masking yang bergerak, objek yang di mask diam.
2. Area masking yang diam dan objek yang di mask yang bergerak.

Kedua teknik tersebut akan menampilkan hasil animasi yang berbeda.. Selain itu area masking hanya boleh berupa fill. Jadi untuk outline (garis) tidak diperbolehkan.

Langsung saja kita mulai praktiknya.

Setelah membuka program Adobe Flash, kita pilih Create New ActionScript 2.0.

Setelah itu, buat teks dengan menggunakan Text Tool.

Selanjutnya buat layer baru dengan klik tombol New Layer.

Di layer tersebut, buat bentuk persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool. Kemudian, posisikan bentuk persegi panjang tersebut seperti gambar di bawah ini.

Kemudian, tambahkan keyframe pada timeline menjadi 50 dengan cara seleksi titik keyframenya, kemudian klik kanan tombol mouse dan pilih Insert Keyframe.

Pada keyframe 50, pindahkan objek persegi panjang yang telah kita buat tadi ke posisi akhir tulisan. Usahakan agar posisi awal dan posisi akhirnya sejajar. Sekedar tips, tekan tombol shift pada keyboard pada saat kita memindahkan objek tersebut.

Kemudian, seleksi layer tempat kita meletakkan objek persegi panjang tersebut dan klik kanan kemudian pilih Create Classic Tween.

Selanjutnya, tambahkan layer baru diatas layer persegi panjang dengan klik icon new layer.

Pada layer tersebut, copy objek persegi panjang di layer sebelumnya. Kemudian klik kanan tombol mouse dan pilih paste in place.

Di layer tersebut, kita akan tambahkan


Previous
Next Post »