Classic Tween dan Shape Tween


Halo Sobat Flash...
Kali ini  kita akan belajar tentang Classic Tween dan Shape Tween.
Tapi sebelumnya, saya akan jelaskan terlebih dahulu, apa sih Classic Tween dan Shape Tween itu?

Classic Tween (sama dengan Motion Tween dalam Adobe Flash CS 3) adalah salah satu teknik dalam animasi flash yaitu pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai ke keadaan akhir. Motion tween biasa kita gunakan untuk memberikan animasi berupa perpindahan letak objek.  Misalnya kita ingin merubah letak objek dari titik A ke titik B, maka kita dapat menggunakan teknik ini. 


Sedangkan Shape tween merupakan salah satu teknik dalam animasi flash yaitu perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Jika dalam Classic Tween tidak ada perubahan bentuk objek yang kita animasikan, maka dalam Shape Tween objek yang akan kita animasikan dapat berubah bentuknya. Misalnya kita ingin merubah bentuk objek persegi empat menjadi bentuk bintang, maka kita dapat menggunakan Shape Tween.

Langsung saja, yang pertama kita akan coba untuk mempraktikkan teknik Classic Twen.
Setelah membuka software Adobe Flash, akan muncul tampilan awal program seperti ini, Disini kita pilih Create New ActionScript 2.0.

Setelah itu, buat objek berupa shape atau bentuk (misalnya lingkaran), dan objek tersebut akan secara otomatis berada di Layer 1 dan di Keyframe 1.
 

Selantutnya, tambahkan keyframe ke frame yang kalian inginkan dengan cara klik kanan mouse pada frame yang kita inginkan, kemudian pilih insert keyframe.
*Sekedar tips, semakin panjang frame yang ditambahkan, maka pergerakan objek akan melambat sehingga pergerakan objek tersebut menjadi halus. Hal ini dikarenakan pergerakan  objek mengikuti jumlah frame yang ada. Apabila hanya ada sedikit frame, maka pergerakan benda menjadi cepat sehingga pergerakan objek menjadi kasar.

Kemudian, pindahkan objek dari posisi awal, ke posisi lain di dalam stage kita. Misalnya posisi awal objek di pojok atas, maka sekarang kita pindahkan ke pojok bawah stage.

Setelah objek kita pindahkan, seleksi seluruh frame atau double klik pada area frame, kemudian klik kanan mouse dan pilih Create Classic Tween.

Untuk melihat hasilnya tekan Ctrl + Enter pada keyboard.
Selamat Mencoba!!!

Untuk Shape Tween, sebenarnya tidak jauh berbeda praktiknya dengan Classic Tween. Jika dalam teknik Classic Tween, objek hanya perlu dirubah posisinya, dalam teknik Shape Tween kita perlu mengganti objek pertama dengan objek kedua ke posisi yang berbeda.
Jadi, setelah kita membuat objek pada posisi A, tambahkan keyframe ke frame yang kita inginkan. Di frame terkahir tersebut, hapus objek pertama dan kita ganti dengan objek berbentuk lain ke posisi yang berbeda. Misalnya dari objek lingkaran di pojok atas, dirubah menjadi objek bintang ke pojok bawah.

Setelah itu, seleksi semua frame atau double klik frame, kemudia klik kanan tombol mouse dan pilih Create Shape Tween.

Untuk melihat hasilnya, tekan tombol Ctrl + Enter pada keyboard.
Selamat Mencoba!!!


Previous
Next Post »